Penderitaan karena Proses Tuhan

Filed under: ARTIKEL |

Baca Lukas 8:13 : “…Yang jatuh di tanah yang berbatu-batu itu ialah orang, yang setelah mendengar firman itu, menerimanya dengan gembira, tetapi mereka itu tidak berakar, mereka percaya sebentar saja dan dalam masa pencobaan mereka murtad.*”

Saya banyak menemui banyak pandangan orang kristen, bahwa kalau sudah menjadi kristen, rajin ibadah, rajin memberikan persembahan, rajin dan aktif dalam melayani, hidupnya akan diberkati. Filosofi hidup ini banyak sekali diajarkan oleh gereja-gereja zaman era post modern ini, bahwa iman kepada kristus akan melepaskan kita dari berbagai masalah dan hidup selalu diberkati.

Hal diatas sangat bertolak belakang dengan kenyataan hidup dari kekristenan, banyak sekali orang kristen yang ditindas, ditimpa oleh masalah, di tekan, diburu bahkan di bunuh, dan tidak sedikit banyak sekali orang kristen yang mengalami masalah hidup yang berat untuk diselesaikan, cobaan demi cobaan datang silih berganti.

Banyak sekali orang murtad dari iman kekristenannya, dikarenakan filosofi diatas, karena mereka tidak diajarkan dasar iman yang benar. (Lukas: 8.13″..mereka percaya sebentar saja dan dalam masa pencobaan mereka murtad..”)

Filosofi diatas cocok untuk orang kristen yang baru mengenal Kristus dan tidak cocok untuk Kristen yang bertumbuh / Dewasa, saya terus terang tidak menyalahi Filosofi / ajaran iman diatas, memang tuhan sangat mengasihi orang yang  beriman dan percaya kepadanya, tetapi terkadang Tuhan sering menguji iman kita untuk diproses dan didewasakan didalam iman yang benar kepada kristus. Karena kita bukan kristen bayi / anak kecil lagi, tapi Tuhan Yesus menghendaki kita bertumbuh menjadi kristen yang dewasa, diproses dengan pencobaan & kesengsaraan untuk memurnikan dan medewasakan iman kita.

Pencobaan / masalah yang kita alami adalah pencobaan biasa, dalam 1 Kor 10:13 : ” Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya “.

Seringkali penderitaan itu Tuhan ijinkan terjadi dalam hidup kita, sebagai Proses Tuhan untuk hidup kita.

Tuhan ingin melatih iman kita supaya kita makin kuat.”….kita malah bermegah juga dalam kesengsaraan kita, karena kita tau, bahwa kesengsaraan itu menimbulkan ketekunan, dan ketekukan menimbulkan tahan uji dan tahan uji menimbulkan pengharapan. (ROMA 5:3-4)  Kita dibentuk untuk memiliki kerendahan hati, tidak lagi mengandalkan kekuatan sendiri tapi mengandalkan tuhan dalam segala hal. selain itu , melalui penderitaan yang kita alami tuhan hendak menyatakan kuasa dan mujizatnya sehingga hidup kita menjadi kesaksia bagi banyak orang.

1 Petrus 4: 1 : “Jadi, karena Kristus telah menderita penderitaan badani, kamupun harus juga mempersenjatai dirimu dengan pikiran yang demikian, –karena barangsiapa telah menderita penderitaan badani, ia telah berhenti berbuat dosa–, “

anda sedang mengalami penderitaan dan kesesakan ? tetaplah mengucap karena semuanya pasti mendatangkan kebaikan bagi kita.

Ditulis oleh : Redaksi Renungan doa pagi.com

Share This Post

Posted by on October 2, 2012. Filed under ARTIKEL. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry