Mengatasi Rasa Benci

Filed under: ARTIKEL |

Baca Amsal 15:17  : ” Lebih baik sepiring sayur dengan kasih daripada lembu tambun dengan kebencian “

Seseorang bisa membunuh sesamanya, gara-gara disakiti oleh seseorang, atau harga dirinya diinjak-injak oleh orang lain, dalam hati orang yang disakiti bisa timbul rasa tidak suka atau benci terhadap orang yang menyakitinya.

Jika hal itu dibiarkan atau tidak cepat di atasi, rasa benci tersebut bisa berkembang menjadi dendam, akhirnya orang tersebut bisa saja melakukan tindakan-tindakan yang berujung pada menghilangkan nyawa seseorang. Dalam 1 Yohanes 3:15 ; dikatakan bahwa siapa yang membenci saudaranya  adalah seorang pembunuh manusia.

Mula-mula ia menyebarkan fitnah tentang orang tersebut, lalu meningkat dan ingin menganiayanya, kemudian ia tidak ragu untuk membunuh orang yang dibenci itu.

Apakah saudara pernah memiliki rasa benci / rasa tidak suka  kepada seseorang, kalau anda menjawab tidak, berarti anda sedang membohongi diri sendiri.

Jadi bagaimana cara mengatasi rasa benci  ?

Pertama, Belajar Mengampuni, Yesus Kristus telah menebus kita dengan harga lunas dibayar, dengan darahNYA yang mahal kita ditebus dengan lunas, Tuhan Yesus  bersedia mengampuni dosa-dosa kita, kenapa kita tidak bisa mengampuni orang lain yang bersalah kepada kita ?

Kedua,  Belajar Melatih diri untuk dapat merendahkan diri dihadapan  Tuhan dan sesama kita, dengan merendahkan diri dihadapan sesama kita dimana pun kita berada dan bersosialisasi, dipastikan rasa benci dan sakit hati / iri hati itu pasti tidak akan timbul didalam hati kita.

Ketiga, Belajar rela menerima apa adanya saat menghadapi persoalan, semua persoalan -baik persoalan kebendaan maupun hubungan dengan sesama manusia, kita serahkan sepenuhnya kepada Tuhan, biarlah Tuhan yang menetapkan Langkah-langkah hidup kita.

Siapa yang membenci  saudaranya adalah seorang Pembunuh !

Ditulis oleh RT

 

Share This Post

Posted by on October 18, 2012. Filed under ARTIKEL. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>