Kitab-Kitab yang Akan Dibuka Pada Hari Penghakiman

Filed under: Teologia Kebenaran |

“Dan aku melihat orang-orang mati, besar dan kecil, berdiri di depan tahta itu. Lalu dibuka semua kitab. Dan dibuka juga sebuah kitab lain, yaitu kitab kehidupan. Dan orang-orang mati dihakimi menurut perbuatan mereka, berdasarkan apa yang ada tertulis di dalam kitab-kitab itu” (Wahyu 20:11-14)

Dari ayat diatas kita dapat mengerti bahwa setiap orang mati suatu kelak akan dibangkitkan dan akan dihadapkan ke suatupengadilanPengadilan yang mana Tuhan Yesus Kristus lah yang akan menjadi hakim disana.

Di hadapan Sang Hakim Agung tersebut, manusia akan diadili menurut apa yang tertulis pada setiap kitab yang Dia miliki. Pada kitab-kitab itu tercatat semua apa yang dilakukan manusia selama berada di bumi.

Berikut  adalah kitab-kitab yang pasti dibuka pada hari Penghakiman nanti:

Kitab Hati Nurani. Roma 2:15

Pada semua manusia  pasti ada hati nurani untuk mengetahui dan membedakan mana yang baik dan yang jahat atau salah. Pada dasarnya hati nurani manusia selalu menuntun kepada yang benar. Tetapi banyak sekali manusia melawan tuntunan hati nuraninya yang baik itu. Banyak orang memilih jalan yang salah. Paulus, dalam suratnya kepada Timotius mengingatkan tentang pentingnya hati nurani yang murni dalam pelayanan (I Timotius 1:5). Hati nurani yang sudah dimurnikan oleh Roh Allah.

Roh Allah akan diam dalam hati nurani manusia. Jadi apabila kita menolak atau melawan hati nurani kita yang murni itu maka hal itu akan menjerat kita dalam penghakiman kelak.

Kitab Rahasia Manusia. Roma 2:16

Di mata Tuhan tidak ada yang tersembunyi. Semua akan menjadi transparan di hadapan-Nya. Allah kita adalah Allah yang mahatahu atas segala sesuatu dalam alam semesta ini. Semua rahasia manusia Allah tahu. Dan kitab ini berisikan tentang rahasia setiap manusia. Mungkin orang tua tidak tahu, gembala tidak tahu, orang terdekat kita tidak tahu tetapi Allah tahu apa yang kita lakukan setiap detik, menit, jam, hari. Kitab ini khusus mencatat tentang rahasia manusia.

Kitab Perkataan Manusia. Matius 12:36, 37

Dalam kitab ini tercatat setiap perkataan manusia. Semua perkataan yang sia-sia harus dipertanggungjawabkan. Kita dibenarkan menurut ucapan tetapi kita bisa dihukum oleh karena perkataan kita. Oleh sebab itu berhati-hatilah dalam berbicara, jangan sembrono, jangan suka dengan kata-kata kotor dan kata-kata yang tidak berguna.

Kitab Perbuatan Manusia. II Korintus 5:10

Semua yang dilakukan manusia semasa hidupnya dicatat dalam kitab ini. Apa yang kita perbuat baik atau jahat akan dituntut di penghakiman kelak. Semua pengorbanan kita, jerih lelah kita, pasti dicatat di sorga. Ada orang yang  mau berkorban lebih apabila namanya dicantumkan di dalam warta gereja. Tetapi yang terpenting adalah bahwa korban kita, perbuatan baik kita dicatat Allah.

Kitab Kehidupan. Wahyu 20:12

Kitab ini berisikan daftar nama-nama yang masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Setiap nama yang tercantum di dalamnya berhak mewarisi Kerajaan Allah. Saat kita mengaku bahwa Yesus adalah Tuhan maka nama kita tertulis dalam kitab ini.

Tetapi kita harus berusaha sedikit supaya nama kita tetap ada didalamnya. Apa usaha sedikit yang kita lakukan? Setia kepada Tuhan, mengasihi Tuhan, dengan melakukan apa yang difirmankan-Nya.

Tuhan memberkati saudara-saudara

Source : Saduran Khotbah Pdt Berti Palit sebagaimana diposting di situs dalam situs GPDI Maranatha Medan.

Share This Post

Posted by on October 23, 2012. Filed under Teologia Kebenaran. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry