Kebebasan Untuk Memilih

Filed under: ARTIKEL |

Baca Kejadian 2:16-17 ” Lalu Tuhan Allah Memberi perintah ini kepada manusia :” semua pohon dalam taman ini boleh kau makan buahnya dengan bebas, tetapi pohon pengetahuan tentang yang baik dan yang jahat itu, jangan lah kaumakan buahnya sebab pada hari engkau memakannya, pastilah engkau mati “

Manusia diberi kebebasan oleh Allah untuk memilih, entah itu yang baik atau yang jahat, ketika manusia pertama , Adam dan hawa diberikan kebebasan oleh Allah untuk memakan buah yang ada didalam taman Eden ia juga memberi satu peringatan, mereka tidak dibolehkan memakan buah dari pohon pengetahuan yang baik dan yang jahat, sebab pada hari mereka memakannya, mereka pasti mati.

Peringatan itu diberikan, bukan bertujuan mengurangi kebebasan manusia itu untuk makan buah tersebut, mereka hanya di ingatkan akan akibat yang mereka alami bila memakan buah tersebut, namun peringatan itu dilanggar juga, maka manusia harus menanggung akibatnya, manusia pun jatuh kedalam dosa, dosa yang pertama itu lahir akibat dari kebebasan yang diberikan kepada manusia untuk memilih.

Tuhan tidak akan melanggar hakekatNYA, sebagai Yang Maha Kuasa, Allah tidak akan memaksa manusia untuk tunduk kepada Allah, tapi Allah memberikan manusia kebebasan untuk memilih apa yang akan dilakukan oleh manusia.

Oleh Karena itu Tuhan kadang-kadang diam dan tidak bersuara atas kejahatan umat manusia, tetapi semuanya itu memang sudah dikodratkan, Allah kita bukan Allah yang urakan, tapi Allah yang memegang hakekatnya sebagai Allah dan manusia diberikan kehendak bebas untuk memilih. Allah menciptakan manusia bukan seperti Robot,  yang harus taat kepada perintah tuanNYA, tapi Allah menciptakan manusia dengan kehendak bebas untuk memilih Jalan hidupnya sendiri, apakah jalan hidupnya mau berada pada jalur kebenaran Tuhan atau tidak.

Saudaraku, memang Allah memberikan kebebasan kepada kita untuk memilih, namun janganlah kita membiarkan kebebasan tersebut digunakan dengan sebebas-bebasnya. Kita harus ingat akibat dari pilihan kita itu. Allah melalui firman-NYA telah memberikan petunjuk apa akibat dari setiap pilihan yang kita ambil.

Ingatlah, hanya karena salah pilih yang dilakukan oleh manusia pertama itu, keturunannya ikut menanggung warisan dari kesalahan tersebut.

Pikirkanlah Baik-baik sebelum memilih jalan kehidupan. Jangan menyesal di kemudian hari, karena waktu dan kesempatan yang diberikan oleh Tuhan adalah berharga dan tidak dapat di beli oleh uang, dan masanya tidak dapat diputar kembali , jangan sampai ada penyesalan di kemudian hari.

Apakah anda mau mengambil komitmen bulat untuk memilih sekarang juga ?

Share This Post

Posted by on October 25, 2012. Filed under ARTIKEL. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry