Hidup di pimpin oleh roh kudus

Filed under: Teologia Kebenaran |

Tidaklah cukup hanya mengerti mengenai kebenaran dari surgawi. Sebagai seorang yang telah menerima Yesus Kristus harus mengetahui bagaimana cara untuk melakukannya. Itu adalah sangat penting dengan mencurahkan perhatian dan waktu kita dalam mempelajari firman Tuhan dan terus berdoa, sehingga dapat mengerti tentang apa-apa saja yang didengar di dalam kebaktian gereja /liturgi.

Beberapa orang tidak mengerti apa artinya dipimpin oleh roh kudus. Galatia 5:25 berkata; “ Jikalau kita hidup oleh Roh, baiklah hidup kita juga dipimpin oleh Roh. Sebagai seorang yang baru menerimaYesus Kristus, saya berpikir bahwa baik Hidup di dalam Roh maupun Dipimpin oleh Roh adalah sama artinya. Tetapi bila kedua hal ini mempunyai arti yang sama, maka Alkitab tidaklah akan mengatakan, “Jikalau kita hidup oleh Roh, Baiklah Hidup Kita Juga dipimpin oleh Roh.”

Dalam bahasa aslinya, kata Hidup dan Dipimpin mempunyai arti yang berbeda. Kata Hidup berarti mempunyai nyawa dan bernafas. Kata Dipmpin mempunyai arti yang lebih mendalam, yaitu berbicara tentang disiplin dan tingkah laku, seperti menyesuaikan diri dalam kebaikan, kealiman. Sedangkan hidup oleh Roh, adalah sesuatu yang telah ada padamu sekarang, berbeda dengan Dipimpin oleh Roh, yang merupakan sesuatu yang harus kamu belajar untuk berbuatnya.

Bagi mereka yang Hidup oleh Roh, adalah orang-orang yang telah menerima keselamatan dan tidak lagi dikategorikan sebagai kematian dalam Roh. Mereka telah diselamatkan, namun ada buah dalam kehidupan mereka. Orang yang dipimpin oleh Roh adalah orang yang telah disiplinkan diri mereka menjadi seperti Kristus. Bila ada beberapa bagian dari dosa di dalam hidup kita dan tidak kita hadapi, dosa dosa itu hanya akan menjadi beban selama-lamanya yang menghalangi kita untuk menjangkau potensi kita di dalam Kristus.

Dapatkah engkau mendengar suara Tuhan ? Apakah engkau sensitif terhadap Roh Kudus ? Kebanyakan orang kristen hari ini mungkin menjawab ya bagi kedua pertanyaan di atas. Engkau mungkin saja pernah berpengalaman yang jelas membuktikan engkau pernah mendengar suara Tuhan. Tetapi, berapa banyak bagian di dalam kehidupan saudara dimana engkau mengetahui engkau masih dipimpin sesuai dengan kedagingan engkau ?

Berapa banyak bagian di dalam kehidupan saudara dimana engkau mengetahui bahwa engkau belum diperbaharui sesuai dengan Firman Tuhan ? Beberapa orang hidup dalam Tubuh Kritus, tetapi tidak seperti kenyataan hidup di dalam Roh Kudus, dan belum pernah sekalipun belajar tentang bagaimana dipimpin oleh Roh Kudus.

Galatia 5:25 mengatakan Dipimpin oleh Roh Kudus, dan secara harfiah artinya bersikap sesuai dengan Roh Kudus. Bila engkau menghendaki kehidupanmu mengahasilkan buah dari Roh Kudus, maka engkau harus mengerti bahwa buah ini tidak hanya jatuh kedalam kehidupanmu dari atas langit di suatu hari. Engkau harus membuat upaya yang tekun bahwa engkau akan hidup bagi Kerajaan Tuhan.

Roh Kudus berada disini untuk membantu engkau sukses, tetapi engaku harus memilih untuk hidup bagi Kerajaan Tuhan. Engkau harus tidak bersedia menerima apa-apapun yang kurang. Engkau harus mengambil keputusan dalam hatimu untuk menerima keinginan sepenuhnya dari Tuhan di dalam hidup engkau. Hanyalah melalui konsentrasi, meditasi, disiplin dalam berdoa sajalah engkau dapat belajar BENAR-BENAR DIPIMPIN oleh Roh Kudus.

Oleh : Wesley Tanudjaya, SH.SpN.

Share This Post

Posted by on February 1, 2012. Filed under Teologia Kebenaran. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>