Dosa Fitnah

Filed under: ARTIKEL |

Baca 1 Timotius 3:11 ” Demikian pula istri-istri hendaklah orang terhormat, jangan pemfitnah, hendaklah dapat menahan diri dan dapat dipercayai dalam segala hal “

Hampir semua orang, termasuk yang mengaku dirinya kristen, tidak luput dari dosa fitnah, baik itu disadarinya maupun tidak, dalam gereja pun, entah itu pengerja gereja entah majelis, yang mengaku telah dewasa rohaninya, tidak luput dari kegiatan fitnah memfitnah ini demi mencapai tujuan tertentu.

Rasul Paulus memperingatkan kita dalam bacaan firman Tuhan diatas untuk tidak melakukan fitnah dalam kamus besar Bahasa Indonesia,memfitnah berarti menjelekan nama orang (menodai nama baik, merugikan kehormatan, dan sebagainya) fitnah adalah perbuatan keji, buruk dan jahat dalam mengunakan Lidah. kata “pemfitnah” (slander) yang digunakan dalam ayat ini, diterjemahkan dari kata dalam bahasa ibrani-Yunani yang artinya mengarah pada perbuatan si iblis, orang yang penuh tipu daya, orang yang malang.

Paulus menegaskan bahwa kita tidak boleh memiliki sifat memfitnah itu, perbuatan fitnah sendiri pertama kali dilakukan oleh si ular (lihat Kej 3:4) si ular(iblis) memfitnah Allah kepada hawa, dan alkitab mengatakan bahwa iblis adalah sumber kejahatan dan bapa pemfitnah atau pendusta ( Yoh : 8:44).

Orangnya biasanya melakukan fitnah karena rasa benci, iri hati, atau dengki, kalau kita selidiki fitnah  yang pernah kita alami atau lakukan, semuanya bersumber dari kepahitan hati. Itulah sebabnya kita harus menjaga hati kita dengan segala kewaspadaan karena dari dalamnya terpancar kehidupan (Amsal 4:23)

Saudara yang dikasihi yesus Kristus, Kalau kita masih menyimpan kepahitan dalam hati, marilah kita segera membereskannya di hadapan Allah, mintalah Allah memulihkan hati dan pikiran kita dari segala kepahitan agar kita mudah mengampuni, selalu kepahitan agar kita mudah mengampuni, selalu berpikiran positif, dan dapat menjaga lidah dari segala kejahatan.

Ada peribahasa yang mengatakan bahwa fitnah itu lebih kejam dari pembunuhan, itu menunjukan bahwa perbuatan fitnah itu lebih jahat dari pembunuhan, jika seseorang difitnah, sepanjang hidupnya ia akan sangat dipengaruhi oleh fitnahan itu, sakit hati, bahkan bisa menjadi trauma.

Sekiranya kita telah atau pernah menfitnah seseorang, segeralah mohon ampun kepada Allah dan pulihkan nama baik orang yang kita cemarkan itu.

Fitnah adalah perbuatan Iblis !

Ditulis oleh :RT

Share This Post

Posted by on October 15, 2012. Filed under ARTIKEL. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry