Bersungut Sungut

Filed under: ARTIKEL |

Baca Filipi 2:14 ” lakukanlah segala sesuatu dengan tidak bersungut-sungut dan berbantah-bantahan “

Bersungut-sungut atau mengerutu merupakan tindakan yang biasa dilakukan oleh orang-orang perjanjian lama dan perjanjian baru. hal itu sudah sering dilakukan oleh bangsa Israel, sebagai bangsa yang tegar tengkuk, yang sudah banyak mengecap kebaikan Tuhan selama perjalanan keluarnya bangsa Israel dari Tanah Mesir ke Tanah Perjanjian, Tuhan sudah menunjukan Kuasa penyertaannya, Tuhan memberikan makan Manna Turun dari sorga dan burung puyuh diwaktu pagi, Tuhan menyertai Bangsa Israel dengan Tiang Awan pada waktu siang dan Tiap Api di waktu malam, penyertaan Tuhan & kehadiran Tuhan begitu nyata dihapadan bangsa Israel,  Tetapi bangsa ini tetap bangsa yang tegar tengkuk yang selalu Bersungut-Sungut (Keluaran 15:24;16:2 , Bilangan 11:1;16:11) Bahkan sampai murid-murid Yesus pun pernah bersungut-sungut. Kalau kita melihat diri kita sendiripun sering bersungut-sungut.

Bersungut-sungut biasanya terjadi karena rasa tidak puas, tidak bisa menerima diri sendiri atau menerima keadaan apa adanya.Dan tidak bersukur kepada Allah padahal dia sudah diberkati.Saudara, dalam ayat bacaan kita yang diatas dikatakan bahwa Allah melarang kita untuk bersungut-sungit, dalam kondisi terjepit sekalipun. Dalam Yesaya 29:24, Yakobus 5:9 , dan 1 korintus 10:10 dikatakan bahwa orang yang bersungut-sungut akan dihukum bahkan dibinasakan.

Jadi kalau kita terbiasa bersungut-sungut , apa langkah-langkah yang harus kita ambil agar kita lepas dari sifat suka bersungut-sungut itu? jawabnya: belajarlah untuk senantias mensyukuri hidup ini dan menerima segala sesuatu apa adanya, kita tidak usah membanding-bandingkan keberadaan orang lain dengan kita sendiri, tetangga kita bisa membeli rumah, sedangkan kita yang rajin ke gereja kok belum bisa beli rumah sampai sekarang, kadang2x pertanyaan-pertanyaan seperti itu yang dinamakan bersungut-sungut kepada Tuhan.

Jalanilah Hidup ini apa adanya, mengalir bagaikan air dan biarlah Allah yang mengatur langkah-langkah kita dan mengisinya dengan hal-hal yang berguna dan membangun, bukan hanya berdiam diri ditempat , bahkan dalam Mazmur1:3 dikatakan bahwa apa yang diperbuat orang percaya dengan tekun akan menghasilkan buah pada waktunya ?

Bersungut-sungut adalah sikap yang tidak menghormati Allah dan Bersungut-sungut adalah dosa !

Ditulis oleh : RT

Share This Post

Posted by on October 16, 2012. Filed under ARTIKEL. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry