Berkat dan hukuman

Filed under: ARTIKEL |

Baca 1 tawarikh 16:11-12 : “Carilah Tuhan dan kekuatanNya, carilah wajahnya selalu. Ingatlah perbuatan-perbuatan ajaib yang dilakukannya, mujizat-mujizatNya dan penghukuman-penghukuman yang diucapkanNya”

Janji Allah kepada raja Salomo adalah janji yang bersyarat, ketaatan terhadap syarat tersebut mendatangkan berkat, sedangkan ketidak taatan akan mendatangkan hukuman, patut disayangkan bahwa raja Salomo mengakhiri pemerintahannya dengan ketidaktaatan.

Raja salomo mulai memerintah dengan baik, sikap dan tindakannya di awal pemerintahannya merupakan teladan bagi umat Allah sepanjang zaman. Dia mulai memerintah dengan membereskan masalah-masalah yang berkaitan dengan ibadah, termasuk memprioritaskan pembangunan rumah Allah serta menyelenggarakan hikmat dan pengertian dalam memimpin merupakan permohonan paling agung bagi seorang pemimpin yang bertanggung jawab, hikmat yang diberikan Tuhan membuat salomo menjadi seorang raja yang dikenang sepanjang zaman.
Sekalipun demikian tuntutan Allah adalah ketaatan seumur hidup, Allah memberi berkat selama raja Salomo hidup dalam ketaatan, tetapi Allah akan memberi hukuman bila Raja Salomo meninggalkan Allah ( 7:17-22)

Sekalipun raja salomo memiliki banyak kelebihan, tetapi dia memiliki kelemahan dalam hal sikap terhadap wanita. Dia sadar bahwa dia memiliki istri istri yang berlatar belakang kafir seperti putri dari firaun. Dia sadar bahwa istri-istri nya itu bisa merusak kesucian ibadah bangsa israel. Dia ingin setia kepada Allah, tetapi dia tidak sungguh-sungguh rela meninggalkan istri-istrinya sehingga hal itu berakibat fatal ( 1 raja-raja 11 :1-8) .

Kisah raja salomo ini mengingatkan umat Allah sepanjang masa bahwa ketegasan untuk tidak berkompromi dengan dosa itu amat diperlukan bila kita ingin tetap mempertahankan iman.

Apakah saudara masih berkompromi dengan dosa ?

Ditulis Oleh : RT

Share This Post

Posted by on October 21, 2012. Filed under ARTIKEL. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry